Latest News

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Keutamaan Puasa Senin Kamis - Senin dan kamis merupahan sebuah hari yang di dalamnya mempunyai keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Rasulullah Muhammad SAW sangat menganjurkan kepada kita semua yaitu kita sebagai umatnya untuk mengerjakan puasa sunnah pada hari senin dan kamis. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pada zaman dahulu Nabi Muhammad SAW sering melaksanakan puasa sunnah pada hari senin dan kamis tersebut.

Puasa Senin Kamis
Seperti yang di terangkan dalam sabda Rasulullah dari Abu Hurairah: "Bahwasanya Rasulullah SAW ialah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya wacana alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, " Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk senantiasa melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis yaitu lantaran segala amal perbuatan insan pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat. Seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya : Segala amal perbuatan insan pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, lantaran itu saya bahagia ketika amal perbuatanku diperiksa saya dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Walaupun puasa senin kamis ini merupakan amalan sunnah, akan tetapi puasa sunnah ini mempunyai keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Bagi setiap umat muslim yang mau mengerjakannya , Allah SWT akan menunjukkan pahala puasa secara eksklusif kepada yang mengerjakannya.

Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya: "Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat."(HR. Bukhari dan Abu Daud)

Dalam hadist diatas , maksud dari "puasa" yaitu puasa secara umum, baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Tidak terkecuali puasa sunnah senin kamis ini.

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis
Walaupun mengerjakan puasa senin kamis ini hukumnya sunnah, akan tetapi keistimewaannya dan keutamaannya sangatlah besar. Dalam melaksanakan puasa senin kamis ini kita harus mengawalinya dengan niat.

Pelaksanaan niat tersebut termasuk dalam rukun puasa yang harus ada untuk mengawali puasa. Maksudnya yaitu , puasa senin kamis ini tidak akan sah bila pada pelaksanaannya tidak diawali dengan niat .

Sebenarnya letak niat itu ada di dalam hati. Sedangkan untuk pelafalan niat secara lisan, para ulama andal fiqih telah baiklah (ijma') atau setuju bahwa hal itu boleh dilakukan dan sunat. Pelafalan niat tersebut boleh memakai bahasa Arab ataupun memakai bahasa kita sehari-hari. Lafadz niat puasa sunnah senin kamis yaitu sebagai berikut :
Niat Puasa Senin Kamis
Keistimewaan Mengerjakan Puasa Senin Kamis

Surga Balasannya Di Akhirat. Allah SWT akan menempatkan hamba-Nya yang beriman, bertakwa dan bersedekah saleh ke dalam nirwana . Surga yang penuh kenikmatan diciptakan oleh Allah SWT sebagai ganjaran atas jerih payah hamba-Nya yang bertakwa.

Terhindar dari Siksa Api Neraka. Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat istimewa di hadapan Allah SWT . Dan bagi orang yang mau mengerjakannya, maka Allah SWT akan menunjukkan ganjaran nirwana di akhirat.

Menjadi Penolong pada Hari Kiamat serta untuk mendekatkan Diri kepada Allah SWT.

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan jasmani

1. Sistem pencernaan kita akan menjadi semakin sehat. Karena ketika kita berpuasa, alat pencernaan di dalam badan kita beristirahat.

2. Selain memberi kesempatan kepada alat pencernaan untuk beristirahat, ternyata puasa senin kamis sanggup menghilangkan racun dan kotoran (detoksifikasi) yang ada di dalam badan kita. Dengan mengerjakan puasa Senin-Kamis, berarti membatasi kalori yang masuk dalam badan kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang sanggup membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen.

3. Mencegah penyakit kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing anggun (diabetes mellitus), dan lain-lain. Penyakit tersebut timbul lantaran contoh makan kita yang tidak baik, sehingga mengakibatkan kegemukan.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Bagi mereka yang menjalankan puasa senin kamis ini, maka orang tersebut akan mendapat pahala. Sedangkan yang tidak menjalankan tidak mendapat dosa. Akan tetapi, bergotong-royong ibadah sunah puasa senin kamis ini sangat bermanfaat bagi Anda baik dengan cara eksklusif maupun tidak.

Jika kita lihat dari segala hal, puasa senin kami ini mempunyai keutamaan pada segi kesehatan badan maupun mental dan juga spiritual yang dialami oleh pelakunya. Maka dari itu, mereka yang suka puasa Hari senin dan kamis sanggup memaksimalkan beserta menyeimbangkan antara tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan juga kecerdasan spiritual (SQ).

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Tanpa kita sadari makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata mengandung racun yang bercampur dalam lemak, darah, ataupun bab yang lainnya tersebut. Dengan melaksanakan puasa senin kamis ini racun yang ada dalam badan sanggup berkurang.

Untuk mengeluarkannya bukan cuma dengan berolahraga saja. Namun, Kamu mesti berhenti mengkonsumsi makanan dan juga minuman minimal selama sehari, biar racun sanggup dikeluarkan dengan efektif. Pengeluarannya sanggup lewat keringat, urin, ataupun ketika Kamu buang air besar. Cara puasa hari senin hari kamis memang dipercaya ampuh untuk mengelurkan racun yang telah mengendap dalam tubuh.

Memberikan istirahat untuk organ pencernaan

Organ perncernaan dalam badan diibaratkan mirip mesin, contohnya mesin kendaraan bermotor. Sebuah mesin tidak sanggup dihidupkan dan juga dijalankan terus menerus lantaran cuma akan merusak salah 1 ataupun lebih suku cadang dari mesin tersebut.

Dalam hal ini mesin kendaraan bermotor juga butuh waktu untuk istirahat biar tidak cepat rusak. Begitu juga dengan badan kita, organ-organ dalam insan juga perlu istirahat, yaitu dengan cara melaksanakan puasa senin kamis. Dengan melaksanakan puasa senin kamis, maka kita memberi kesempatan pada badan kita untuk beristirahat. Contohnya yaitu organ pada sistem pencernaan.

--Mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam pengetikan ataupun penyampaian informasi, penulis hanyalah insan biasa yang tak luput dari salah dan dosa lantaran kebenaran semata-mata hanya milik Allah Azza wa Jalla--

0 Response to "Keutamaan Puasa Senin Kamis"

Total Pageviews