Latest News

Belajar Aturan Tajwid Al Quran Lengkap

Al Alquran yakni kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai anutan hidup umat islam sedunia. Dalam mencar ilmu membaca Al quran, sesudah mengenal abjad hijaiyah hal yang wajib kita pelajari yakni ilmu tajwid. Ilmu Tajwid yakni Ilmu yang mempelajari tata cara membaca al quran yang baik dan benar. Langsung saja mari kita belajar aturan bacaan tajwid al quran lengkap semoga sanggup lebih baik dalam membaca dan melantunkan al quran al karim.

Hukum Tajwid Nun Mati dan Tanwin

 Al Alquran yakni kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai anutan hidup umat isl Belajar Hukum Tajwid Al Alquran Lengkap
Belajar tajwid yang pertama yakni mempelajari ihwal nun mati (sukun) dan tanwin, tanwin yaitu fathahtain yang dibaca an, kasrohtain dibaca in, dan dommahtain dibaca un.
Nun sukun dan tanwin pada hakekatnya dibaca sama, nun sukun (mati) dan tanwin apabila bertemu abjad hijaiyah hukumnya terbagi menjadi 4 yaitu : Idhar, Idgham, Iqlab, dan Ikhfa'.

Hukum Tajwid Idhar

Hukum tajwid yang pertama yakni idhar yang artinya jelas. Kapan terjadinya bacaan idhar? yaitu apabila ada nun sukun (mati) dan tanwin bertemu dengan huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan (halqun) yaitu hamzah, Ha', ha, 'ain, ghin, kho' (أ ،ﻫ ، غ خ ح ع)
Idhar ini juga sanggup disebut dengan idhar halqi (dari kata halqun). Sudah di jelaskan bahwa arti dari idhar yakni jelas, maka bacaan nun sukun harus terperinci tanpa ada dengungan sama sekali. Contoh bacaan idhar menyerupai :
Nun mati (sukun) dan tanwin bertemu alif/hamzah (أ)
مَنْ أمَنَ
رَسُوْلٌ اَمِيْنٌ
Nun mati (sukun) dan tanwin bertemu ha (ح)
عَنْ حَرَامِكَ
نَارٌ حَامٍيَةٌ
nun mati (sukun) dan tanwin bertemu kho' (خ)
مَنْ خَشِيَ
ذَرَّةٍ خَبٍيْرٌ
nun mati (sukun) dan tanwin bertemu 'ain (ع)
مِنْ عِلْمٍ
سَمٍيْعٌ عَلٍيْمٌ
nun mati (sukun) dan tanwin bertemu ghin (غ)
مِنْ غِلٍّ
اَجْرٌ غَيْرُ
nun mati (sukun) dan tanwin bertemu Ha' (ھ)
مِنْ هَادٍ
جُرُفٍ هَارٍ

Hukum Tajwid Idgham

Hukum Tajwid nun mati (sukun) dan tanwin yang kedua yakni Idgham. Idgham artinya memasukkan abjad yang pertama ke dalam abjad yang kedua sehingga menjadi satu abjad yang bertasydid atau lebih mudahnya yakni melebur sehingga suara nun mati atau tanwin tidak terdengar sama sekali. Idgham sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Idgham Bighunnnah dan Idgham bilaghunnah.
1. Idgham Bighunnah
Idgham Bighunnah artinya dimasukkan di sertai dengan dengung. Adapun abjad dari idgham bighunnah ada 4 yang biasa disingkat dengan YANMU (Ya, Nun, Mim, Wau / ي ن م و)
Contoh Idgham Bighunnah yakni sebagai berikut :
Nun mati dan tanwin bertemu abjad ya (ي )
مَنْ يَقُوْلُ
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ
Nun mati dan tanwin bertemu abjad nun (ن )
مِنْ نِعْمَةِ
حِكْمَةٍ نَافِعَةٍ
Nun mati dan tanwin bertemu abjad mim (م )
مِنْ مَسَدٍ
عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ
Nun mati dan tanwin bertemu abjad wau (و )
مِنْ وَرَاءِهِمْ
خَيْرٌ وَاَبْقَى

Syarat dan ketentuan Idgham Bighunnah tidak berlaku apabila nun mati (sukun) berada dalam satu kata yang disambung. Jika terdapat hal tersebut maka aturan tajwidnya berkembang menjadi idhar yaitu dibaca jelas. Contoh :قِنْوَانٌ ,صِنْوَانٌ, دُنْيَا, بُنْيَانٌ
2. Idgham Bilaghunnah
Jika Idgham Bighunnah yakni meleburkan dengan dengung, maka Idgham Bilaghunnah yakni sebaliknya yaitu melebur tanpa dengung. Perlu anda ingat, yang hilang yakni dengungnya. Adapun abjad dari idgham bilaghunnah yaitu Lam dan Ra' (ل ، ر ) Contoh Idgham Bilaghunnah yakni sebagai berikut :
Nun mati dan tanwin bertemu abjad lam (ل )
مِنْ لَدُنْكَ
هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ
Nun mati dan tanwin bertemu abjad ra' (ر )
مِنْ رَبِّكَ
خَيْرٌ رَازِقِيْنَ

Hukum Tajwid Iqlab

Hukum bacaan tajwid dari nun mati (sukun) dan tanwin yang ketiga yakni iqlab. Iqlab artinya membalik, merubah nun mati (sukun) menjadi mim sukun (mati). Adapun ketentuan dari iqlab yakni dikala ada nun mati (sukun) dan tanwin bertemu dengan abjad ba (ب ). Biasanya dalam bacaan al quran ditandai dengan abjad mim kecil di atasnya. Contoh bacaan iqlab yaitu : مِنْ بَعْدِهِمْ, سَمِيْعٌ بَصِيْرٌ

Hukum Tajwid Ikhfa'

Hukum bacaan tajwid nun mati (sukun) dan tanwin yang keempat yakni ikhfa'. Ikhfa' artinya samar, yaitu menyamarkan suara nun mati dan tanwin. Adapun syarat terjadinya bacaan ikhfa yakni dikala ada nun mati (sukun) dan tanwin bertemu dengan abjad hijaiyah yang 15, yaitu :
س, ش, ص, ض, ط, ظ, ف, ق, ك, ت, ث, ج, د, ذ, ز

Untuk lebih gampang dalam menghafal huruf-hurufnya, maka dibentuk syair : Shif dza tsana kam jada syakhsun Qad sama Dum thaiyiban zid fi tuqan dha’ dzaliman. diambil dari bab depan contohnya shif yakni syin, dza yakni dza, tsana yakni tsa dan seterusnya. Contoh bacaan ikhfa menyerupai :
Huruf Nun mati (نْ ) Tanwin (ً ٍ ٌ )
ت فَمَنْ ثَقُلَتْ شِهَابٌ ثَاقِبٌ
ج اِنْ جَاءَكُمْ خَلْقٍ جَدِيْدٍ
د اَنْدَادًا دَكًّا دَكًّا
ذ مِنْ ذَهَبٍ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ
ز وَاَنْزَلْنَا صَعِيْدًا زَلَقًا
س أَلإِنْسَانُ سَلمًا سَلمًا
ش مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ عَذَابٍ شَدِيْدٍ
ص عَنْ صَلاَتِهِمْ عَمَلاً صَالِحًا
ض مَنْضُوْدٍ مُسْفِرَةٌ ضَاحِكَةٌ
ط مِنْ طَيِّبَاتٍ بَلْدَةٌ طَيٍّبَةٌ
ظ مِنْ ظُهُوْرِهِمْ حُرَّاءً ظَاهِرَةً
ف أَنْفُسِهِمْ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍ
ق مِنْ قَبْلِ رٍزْقًا قَالُوا
ك مَنْ كَانَ يَرْجُو نَاِصيَةٍ كَاذِبَةٍ

Demikianlah sedikit goresan pena belajar aturan tajwid al quran lengkap, aturan nun mati (sukun) dan tanwin yakni ilmu tajwid yang paling mendasar. Semoga sanggup membantu anda dalam mencar ilmu tajwid al quran, dan semoga ini menjadi ladang pahala bagi kami. Sebarkan semoga banyak orang yang mau mencar ilmu dan menjadi pahala kebaikan untuk anda semua.

0 Response to "Belajar Aturan Tajwid Al Quran Lengkap"

Total Pageviews