Latest News

Doa Nabi Musa Saat Dalam Kesulitan Biar Dimudahkan Segala Urusan

Doa Nabi Musa ini tergolong doa yang sudah populer. Sejak belum dewasa pun doa ini sudah diajarkan di sekolah-sekolah. Doa ini dibaca dikala kita dalam kesulitan dan memohon kepada Allah biar dilancarkan dan dimudahkan dalam segala urusan. Doa ini merupakan doa yang sangat gampang untuk dihafalkan. Kata-kata atau lafadsnya gampang diucapkan dan tidak terlalu panjang. Sehingga belum dewasa kecilpun sudah banyak yang hafal, alasannya ialah setiap hari dikala mau memulai pelajaran sering dijadikan sebagai doa juga.

Inilah doa Nabi Musa A.S  ketika dalam kesulitan  yang dihadapi dikala harus berdakwah di kalangan bani Israil, terutama dikala berhadapan dengan Raja Fir’aun, maka Nabi Musa berdoa mohon biar dalam perjalanannnya selalu diberikan akomodasi urusan dan dilancarkan. Ketika itu Nabi Musa AS ditemani oleh saudaranya yaitu Nabi Harun A.S.

Dalam al-Qur'an disebutkan secara lengkap doa ini:

 Doa Nabi Musa ini tergolong doa yang sudah terkenal Doa Nabi Musa Ketika Dalam Kesulitan Agar Dimudahkan Segala Urusan


Seperti yang diceritakan dalam Al-Qur’an Surat Thâhâ  tentang kisah Nabi Musa ‘alaihissalam berhadapan dengan Fir’aun yang pernah mengaku sebagi Tuhan. Sepanjang menghadapi raja pongah nan lalim ini, Nabi Musa melalui banyak sekali macam rintangan. Saat itulah, Nabi Musa memanjatkan doa sebagaimana yang termaktub  dalam ayat 25-28:

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

Rabbisyrahlî shâdrî wayassyirlî amrI wahlul uqdatam mil-lisânî yafqahû qaulî.

Artinya:

"Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, biar mereka mengerti perkataanku." (QS Thâhâ[ 20]: 25-28)

Bagaimana cara mengamalkan doa Nabi Musa ini dan apa keistimewaan doa biar dilancarkan urusannya dari Nabi Musa ini? Doa ini setidaknya mengandung tiga permintaan. Pertama, memohon diangkatnya rasa susah yang menyesakkan dada. Kedua, memohon dilenyapkannya banyak sekali kesulitan. Dan ketiga, memohon kelancaran dalam bertutur kata sehingga gampang diserap dan dipahami para pendengarnya.

Karena pentingnya jenis-jenis permohonan dalam doa Nabi Musa ini, maka sebaiknya kita amalkan dengan cara banyak membacanya dikala kita sedang menghadapi kesulitan, juga dikala habis sholat. Doa ini juga  sering dibaca siapa saja yang hendak menghadapi hal-hal penting ibarat ujian final bagi pelajar, pidato di depan khalayak, atau sejenisnya. Semoga kita juga dapat mengamalkannya secara istiqomah.  Aamiin. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Doa Nabi Musa Saat Dalam Kesulitan Biar Dimudahkan Segala Urusan"

Total Pageviews