Latest News

Rukun Islam

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh, halo teman kumpulan doa. Mungkin Artikel yang kami tulis kali ini tidak begitu penting alasannya inshaalah kita semua niscaya sudah pernah diajarkan sewaktu sekolah dulu, Namun apa salahnya melihat dari dunia kini ini jarang sekali bawah umur yang bahkan tidak hafal Rukun Islam.

Rukun Islam
  1. Syahadat
  2. Sholat
  3. Puasa
  4. Zakat
  5. Haji
Rukun Islam ada 5 , sangat gampang menghafalkannya bahkan lebih gampang dari menghafal lirik lagu barat. Namun pada kenyataan justru sebaliknya, Kita lebih gampang menghafal lirik-lirik lagu yang sangat sulit bahkan bisa menghafalkannya dalam sehari saja.

Pengertian Rukun Islam
Rukun Islam yakni lima tindakan dasar dalam Islam, dianggap sebagai pondasi wajib bagi orang-orang beriman dan merupakan dasar dari kehidupan muslim.

1. Mengucapkan dua kalimat Syahadat
أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله

"Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi Muhammad rasul (utusan) Allah"

Syahadat ini merupakan persaksian dan mempunyai makna pengucapan dengan lisan, membenarkan dengan hati kemudian mengamalkannya melalui perbuatan. Adapun orang-orang yang mengucapkannya secara mulut namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya.

Dalam kalimat syahadat ini menggambarkan bahwa kita sebagaimana hamba mesti melaksanakan pernyataan atas dirinya sendiri bahwa secara totalitas yakni untuk Allah dan Rasulnya.


2. Mendirikan Sholat

Sholat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting islam sehabis dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya sejak berusia bakir baligh hingga ia meninggal. Dalam keadaan apapun dan dalam kondisi bagaimanapun kita wajib melaksanakannya 5 waktu dalam sehari semalam. Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya.


3. Berpuasa di bulan Ramadhan

Puasa berarti menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari.


4. Menunaikan Zakat

Mengeluarkan sebagian harta kita kepada mereka yang membutuhkan.


Penjelasan mengenai zakat

5. Naik Haji bagi yang mampu

Rukun Islam yang kelima ini Allah mewajibkan hambanya menunaikannya sekali seumur hidup. Haji itu sendiri yakni berkunjung ke baitullah mekkah al mukarommah.

--Mohon maaf kalau terdapat kesalahan dalam pengetikan ataupun penyampaian informasi, penulis hanyalah insan biasa yang tak luput dari salah dan dosa alasannya kebenaran semata-mata hanya milik Allah Azza wa Jalla-- 

0 Response to "Rukun Islam"

Total Pageviews