Latest News

Siapakah Insan Pertama Yang Sholat?

Nabi Muhammad SAW Merupakan nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT untuk membimbing insan kearah jalan kebenaran.Tidak ibarat umat nabi-nabi yang lain,umat Muhammad telah diperintahkan untuk mengerjakan sholat lima waktu setiap hari.Hal ini merupakan kelebihan dan anugerah Allah SWT Terhadap umat Nabi Muhammad.

Orang pertama yang melaksanakan sholat


Gambar diatas ialah Musholla (Tempat Sholat) Malaikat Jibril 'Alaihissalam. Potongan-potongan marmer berwarna coklat (yang berada pada tembok Syadzarwan akrab pintu Ka'bah) menandai daerah dimana malaikat Jibril mengajarkan Nabi SAW bagaimana tata cara berwudhu dan sholat.
Adapun sholat yang pertama kali Jibril ajarkan kepada baginda (SAW) ialah sholat Dzuhur, yang mana awal waktunya ialah ketika matahari tergelincir dari posisi zawal (matahari berada di tengah-tengah) yang berlangsung kira-kira 10 menit. Kemudian berturut-turut 'Ashar, Maghrib, 'Isya dan Shubuh. Malaikat Jibril mengajarkannya dalam dua hari. Hari pertama pada awal waktu sholat, dan hari kedua pada simpulan waktu sholat.
Dalam kesempatan tersebut, malaikat Jibril berkata kepada baginda Nabi SAW: "Wahai Muhammad, ini ialah waktu-waktu sholatnya para Nabi sebelum engkau, dan waktu yang ada diantara kedua waktu sholat ini" (HR. Abu Daud)
Tahukah anda? siapakah orang yang pertama kali mengerjakan sholat lima waktu? secara berurutan inilah nama-nama nabi yang pertama kali mengerjakan sholat lima waktu itu?
Riwayat wacana sholat para Nabi yang menjadi peletak pertama awal didirikannya sholat yang lima waktu tersebut, sanggup kita rujuk kitab "Syarh Sullamul Munajah" karya Imam Nawawi al-Jawi al-Bantani at-Tanari, hal 88-89.

1). Sholat Shubuh.
Manusia pertama yang mengerjakan sholat shubuh ialah Nabi Adam 'alaihissalam. Yaitu ketika dia keluar dari nirwana dan diturunkan ke bumi. Perkara pertama yang dilihatnya ialah kegelapan dan dia merasa takut yang teramat sangat. Ketika fajar shubuh telah keluar, Nabi Adam sholat dua roka'at.
Roka'at pertama : Tanda bersyukur alasannya ialah dia terlepas dari kegelapan malam.
Roka'at kedua : Tanda bersyukur alasannya ialah siang telah menjelma.

2). Sholat Dzuhur.
Manusia pertama yang mengerjakan sholat dzuhur ialah Nabi Ibrohim 'alaihissalam. Yaitu tatkala Allahu SWT memerintahkan padanya supaya menyembelih putranya yang berjulukan (nabi) Ismail 'alaihissalam, kemudian diganti dengan tebusan (berupa seekor kibas/domba). Seruan itu tiba pada waktu tergelincirnya matahari, kemudian sujudlah Nabi Ibrohim sebanyak empat kali.
Roka'at pertama : Tanda bersyukur atas penebusan tersebut.
Roka'at kedua : Tanda bersyukur alasannya ialah lepasnya murung cita dia atas anaknya.
Roka'at ketiga : Tanda bersyukur dan memohon akan keridhoan Allah SWT.
Roka'at keempat : Tanda bersyukur atas nikmat yang Allah berikan dengan sembelihan seekor kibas yang diturunkan dari syurga. Kibas itu merupakan qurbannya putra Nabi Adam, Habil.

3). Sholat 'Ashar
Manusia pertama yang mendirikan sholat 'Ashar yaitu Nabi yunus 'alaihissalam, ketika gres dikeluarkan oleh Allahu SWT dari perut ikan paus. Diceritakan bahwa dikala itu keadaan Nabi Yunus ibarat burung tanpa bulu di sekujur tubuhnya.
Saat dalam perut ikan, Nabi Yunus berada dalam empat kegelapan, 1) kegelapan didalam usus perut ikan, 2) kegelapan di dasar lautan lepas, 3) kegelapan di dalam malam, dan 4) kegelapan dalam perut ikan.
Keluarnya Nabi Yunus itu bertepatan dengan waktu 'Ashar. Maka dia melaksanakan sholat empat roka'at sebagai rasa syukurnya kepada Allah alasannya ialah keluar dari empat kegelapan tersebut.

4). Sholat Maghrib
Manusia pertama yang mendirikan sholat Maghrib ialah Nabi 'Isa 'alaihissalam. Ketika dia dikeluarkan dari pergumulan kejahilan dan kebodohan kaumnya. Waktu keluarnya bertepatan dengan terbenamnya matahari. Maka Nabi 'Isa mendirikan sholat tiga roka'at.
Roka'at pertama : Untuk menafikan ketuhanan selain daripada Allah yang Maha Esa
Roka'at kedua : Untuk menafikan persangkaan terhadap ibundanya (Maryam) dari fitnah yang dilontarkan kaumnya.
Roka'at ketiga : Untuk meyakinkan kaumnya bahwa Tuhan itu hanya satu, yaitu Allah SWT semata-mata (tiada dua atau tiganya).

5). Sholat 'Isya
Adapun insan pertama yang mendirikan sholat 'Isya ialah Nabi Musa 'alaihissalam. Yakni ketika dia tersesat dan mencari jalan keluar dari Negeri Madyan. Sedang pada dikala itu dia mengalami empat kesedihan, yaitu:
Kesedihan (karena penyakit yang diderita) istrinya tercinta.
Kesedihan atas (nasib) Nabi Harun, saudara (sepupunya).
Kesedihan atas petaka yang menimpa anak-anaknya.
Kesedihan atas penyerangan Fir'aun (yang dzholim).
Allahu SWT melenyapkan empat kesedihannya itu dengan akad yang benar pada waktu 'Isya. Lalu, Nabi Musa mendirikan sholat empat roka'at sebagai tanda syukur kepada Allahu SWT atas hilangnya empat kesedihan tersebut.

Lalu bagaimana dengan baginda Nabi Muhammad SAW?
Diriwayatkan, bahwa orang yang pertama mendirikan sholat Witir (ganjil) ialah baginda Nabi Muhammad SAW. Diterangkan dalam tafsir "at-Taisir" bahwa para pesuruh Allah, yakni para malaikat di langit berjumlah ganjil. Rosululloh SAW ialah imam para Nabi ketika sholat di baitul Maqdis (Masjidil Aqsho) dan imam para malaikat ketika di Sidrotul Muntaha (alam langit). Maka nyatalah dengan itu semua, bahwa Nabi Muhammad SAW ialah hamba Allah yang paling Mulia diantara penghuni langit dan bumi. Wallahu a'lam.

0 Response to "Siapakah Insan Pertama Yang Sholat?"

Total Pageviews